Selasa, 26 April 2016

ANJURAN NABI MUHAMMAD TENTANG MINUM SUSU



Sahabat Mimilk, susu sapi merupakan minuman yang banyak khasiatnya. Beberapa penelitian telah banyak membuktikan bagaimana khasiat dari susu sapi ini. Namun tahukah sahabat sekalian, bahwa jauh sebelum penelitian modern dilakukan Nabi Muhammad SAW sudah menganjurkan kita untuk meminum susu karena manfaatnya?
Bagi yang belum tahu, berikut hadistnya.


Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ ، لَمْ يُنْزِلْ دَاءً إِلا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً إِلا الْهَرَمَ ، فَعَلَيْكُمْ بِأَلْبَانِ الْبَقَرِ ، فَإِنَّهَا تَرُمُّ مِنْ كُلِّ الشَّجَرِ

"Ses
ungguhnya Allah 'Azza Wajalla ketika menurunkan penyakit pasti juga menurunkan obatnya, kecuali penyakit tua. Lalu hendaklah kalian meminum susu sapi, karena ia terkumpul dari berbagai macam tumbuhan"
(HR. At Thayalisi 368, dishahihkan Al A
lbani dalam Silsilah Ash Shahihah 518)

Dilain hadist Nabi juga menyebutkan keutamaan susu:


"Minumlah susu sapi karena sapi memakan dari setiap daun pepohonan. Susu sapi juga berfungsi sebagai obat bagi setiap penyakit. (HR. Al Hakim)"


Dari dua hadits diatas jelas bahwa nabi Muhammad sangat menganjurkan kita untuk senantiasa meminum susu, dikarenakan sapi sebagai sumber susu yang memakan tumbuhan dan juga khasiat susu yang dapat menyembuhkan penyakit.

Selain sabda nabi tentang keutamaan susu diatas, ada beberapa sunnah yang dapat kita contoh dari beliau tentang tata cara meminum susu.

1. MEMBACA DOA SEBELUM MINUM SUSU


مَنْ أَطْعَمَهُ اللَّهُ طَعَامًا فَلْيَقُلْ : اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ , وَارْزُقْنَا خَيْرًا مِنْهُ , وَمَنْ سَقَاهُ اللَّهُ لَبَنًا , فَلْيَقُلْ : اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ , وَزِدْنَا مِنْهُ , فَإِنِّي لَا أَعْلَمُ مَا يُجْزِئُ مِنَ الطَّعَامِ وَالشَّرَابِ إِلَّا اللَّبَنُ

"Barangsiapa yang memakan suatu makanan yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: 'Allahumma baarik lana fiihi (ya Allah, limpahkan keberkahan pada kami dalam makanan ini). Dan barangsiapa yang minum susu yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: Allahumma baarik lana fiihi, wa zidna minhu (ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini) karena aku tidak tahu satupun yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu"
(HR. Abu Daud 3245, Ibnu Majah 3321, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah)



2. ANJURAN BERKUMUR-KUMUR SETELAH MINUM SUSU


عن ابن عباس – رضي الله عنهما – ان رسول الله – صلى الله عليه وسلم – شرب لبنًا فمضمض وقال: إن لـه دسمًا. [البخاري ومسلم ].


"Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah minum susu berkumur-kumur. Beliau lantas bersabda, “Sesungguhnya susu itu mengandung lemak” (HR Bukhari dan Muslim).


Dari beberapa hadist dan sunnah nabi ini dapatlah diambil kesimpulan bahwa nabi kita sangat gemar meminum susu. Jadi bagi sahabat Mimilk tetap semangat nyusu ya dan jangan lupa sunnah nabi dilaksanakan. :)



src: Ensiklopedi Adab Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar